RESUME MATERI 5 STRATEGI MENUMBUHKAN CRITICAL THINKING ABILITY UNTUK MENEMUKAN SOLUSI TERBAIK

 


Pemateri: Arief Abdurrahman S.T . M.T ( dosen ITS) 

Moderator: M. Affan Romdoni S. Hi.


Kita harus bersyukur kepada Allah SWT karena bisa menjadi bagian dari 31,8% orang yg biaa mengakses pendidikan tinggi. Dan juga bersyukur kita semua bisa mendapat dukungan dari orang tua . 

Ditambah lagi dengan bonus demografi di 2020-2035  untuk menuju Indonesia emas . Kita harus bisa meningkatkan potensi kita untuk mencapai masa itu. 

demografi disampaikan oleh banyak tokoh atau pejabat .kenapa disampaikan berkali-kali ? karena kita menuju Indonesia emas tahun 2045.

Kita harus mensyukuri dengan meningkatkan kapabilitas kita. Di Jepang sekolah SD banyak yang ditutup. Di sana mencari mencari Master kuliah sangat sulit.Kita bisa menyalip negara maju jika kita meningkatkan kemampuan kita. 

Banyak pejuang jaman dulu seperti mbah Hasyim , mas Wahab Hasbullah, Gus Dur bung Karno mikir bangsa ini merdeka bagaimana bangsa ini maju dengan peradabannya.


Instrumen meningkatkan kompetensi, dan pendidikan kita tidak serta merta, kompetensi pendidikan sertifikat itu adalah instrumen untuk kita bisa mengolah  dan berkontribusi. 

Apa yang perlu kita perbuat adalah insan individual sepatutnya menjadi aktor utama dalam memberikan solusi nyata di tengah masyarakat baik di nasional maupun global.

Ruang lingkup Keprihatinan bangsa ini ada masalah korupsi, narkoba terorisme bencana alam bahasa daerah konservasi satwa liar dan lain-lain. Itu adalah isu-isu nasional yang ada dan sekarang juga marak juga masalah judi online dan lain-lain. Termasuk ada tiga kekerasan di Indonesia pendidikan yaitu bullying kekerasan seksual intoleransi.

Critical thinking skill adalah skill yang harus kita punya untuk sepanjang hidup kita karena setiap waktu kita berada di fase kehidupan masing-masing. Tiga komponen kreativitas yaitu :  expertise, motivation, creative thingking skills. 

Kita harus mencapai tiga komponen tersebut agar kita bisa mempunyai critical thinking skill. a

Tahapan dalam berpikir kritis: 1

. Identifikasi serta kembangkan kemampuan dan potensi diri(nilai, adama, adat, pendidikan formal, dan lain-lain).

2. Identifikasi validasi dan evaluasi segala informasi yang diperoleh (5W+1H)-seleksi fakta dan opini.

3. Bandingkan antara fakta dengan nilai-nilai kebenaran atau ideal yang ada.

4. Analisis melalui klasifikasi dan pemetaan masalah. 

5. Berikan ide dan solusi original terhadap permasalahan yang dianalisis. 


Contoh masalah critical thinking di negeri sendiri seperti di  kota Jakarta yang ingin memiliki udara bersih dan saluran air yang memadai namun faktanya di keadaan sesungguhnya pencemaran udara yg sangat buruk dan kualitas air yg kurang . Nah kita sebagai pemuda bisa untuk membantu menyelesaikan permasalah tersebut bukan hanya berpangku tangan dan menunggu pemerintah bertindak, dengan cara apa pemuda menyelesaikan masalah ini ? Yaitu melihat data indeks yg valid , 

Citical thinking tidak langsung instan, Kita harus melalui beberapa proses. 

 Pertama kita harus mempunyai niat menjadi orang yang problem solving orang yang mampu memecahkan masalah. 

Kedua meningkatkan kompetensi dan pendidikan kita. 

Ketiga kita harus berikhtiar dan berdoa.

 Keempat Kita harus mempunyai komunitas yang baik,tempatkan diri anda di dalam  jadi komunitas yang baik agar tidak salah dalam memilih menjadi critical thinking. 

Sekian resume materi dari saya .

Jangan lupa mampir ke : 

Website: UNUSA 

https://www.facebook.com/unusaofficialfb

https://www.instagram.com/unusa_official/

Dan juga blog teman saya : Aprilia 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Post News PRA 4 BToPH

POST NEWS PRA 5 BToPH 2023

POST NEWS PRA BToPH 1