RESUME MATERI 4 TANTANGAN DAN PELUANG MAHASISWA DALAM REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0




Pemateri : Dr. Ginanjar Rahmawan (founder RMC dan RNM 

moderator: Ratna Yunitasari .

Nama : Nabila Alya Rahma

Prodi : kesehatan masyarakat

Kel : 34 


Artificial intelligence dan etika mahasiswa.

Kebetulan saya dosen skripsi, tidak hanya skripsi tapi juga konsultasi bimbingan, dan sebagainya.  Ujar Dr. Ginanjar saat membuka materi .

Teman-teman nantinya akan banyak menemui alat atau aplikasi atau website yang sangat teman-teman butuhkan.  karena sekarang dalam mengerjakan PR/ tugas resume, tugas kelompok, presentasi sekarang semuanya ada di AI. 

Misalkan  humata, perplexity, consensus. Itu bisa kita digunakan meresume bahan referensi yang seluruhnya ada di internet. 

1. Humata.ai bisa membuat kita 100x lebih cepat untuk menganalisa, untuk membaca, untuk membuat intisari dari file PDF yang kita jadikan rujukan. kita sangat terbantu dengan aplikasi yang bernama humata ini karena kita tinggal memasukkan PDF kemudian nanti mau apapun isi file itu dia bisa menjawab apapun yang kita inginkan.

2. Perplexity.ai bisa kita bisa mencari referensi.  kita bisa mengetikkan materinya  kemudian langsung keluar dan ada banyak sekali referensi-referensi yang bisa kita pakai. 

3. Consensus.app ini juga kita bisa menggunakan aplikasi untuk membantu kita mencari jurnal artikel yang akan kita pakai untuk membuat tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. 


Jadi,  saat kuliah nanti kita sangat terbantu dengan perkembangan AI. Selain untuk resume ada juga  ai untuk menulis. Ada chat GPT, Bing ai. 

Chat GPT sangat membantu untuk mengerjakan skripsi dengan cara bisa ditulis langsung semuanya. 

Ketika kita memerlukan karya ilmiah kita bisa lewat  bard Google dimana untuk membuat hipotesis susunan hipotesis berdasarkan telaah literatur. 


Ada juga untuk parafrase yaitu quillbot, rewrite it. Contohnya Quillbot ketika kita masukkan satu file penuh PDF atau kita copy paste kalimat kemudian dalam sekejap langsung muncul parafrase kalimat yang benar-benar beda dari kata² orang lain(plagiat). Jadi memungkinkan teman-teman membuat kata-kata kita tidak seperti plagiat. 

Tetapi ada fakta yang perlu kita tahu mengenai AI. AI  adalah kecerdasan buatan, bukan kecerdasan sesungguhnya. Oleh karena itu kita sebagai penggunanya tidak boleh lebih dikalahkan dengan kecerdasan mereka, justru mereka lah kecerdasan buatan kita .  kecerdasan sesungguhnya itu tidak bisa dipungkiri dari munculnya AI. Penggunaan AI yang berlebihan berarti kita melakukan ketidakpercayaan dengan kecerdasan kita. 

Kita harus tahu bahwa human intelligen itu lebih original atau tidak bisa tergantikan, jikalau kita menggunakan chat GPT terkadang bahasanya tidak 100% bahasa kita itu adalah keterbatasan chat GPT.


Fakta AI adalah keterbatasan AI dalam mengakses data internet dan penggunaan bahasa. 


Cara Menggunakan AI secara etis yaitu sebagai berikut: 

1.kita harus menjadikan AI sebagai asisten kita: penggunaan waktu yang efisien, biaya lebih hemat

2. Memanfaatkan AI sebagai database artinya Kita sebagai penyaji data atau referensi dan kita sebagai analisis dan esekutor


Kita harus menggunakan AI dengan bijak . 


Sekiam resume dari saya . 


Jangan lupa kunjungi : 

Website: UNUSA 

https://www.instagram.com/unusa_official/

https://www.facebook.com/unusaofficialfb

Dan juga blog teman saya : Aprilia 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Post News PRA 4 BToPH

POST NEWS PRA 5 BToPH 2023

POST NEWS PRA BToPH 1