RESUME MATERI 11 PANCASILA SEBAGAI DASAR PEMBANGUNAN INDONESIA EMAS

 


Pemateri: Ema Umiyyatul chusnain, S.M. Mpd. 

Moderator: Niken Safitri Premeswari S.M.


Nama: Nabila Alya Rahma

Prodi : kesehatan masyarakat

Kel: 34 


Pemateri di ganti oleh bpk. Mukarim 

Apa sih Indonesia emas . 

Tahun 1995 itu Indonesia perak 


2045 memasuki 100 Thun Indonesia berdiri. Dan setara dengan Indonesia maju lain nya . 

Apakah manusia masih ada di 2045 , karena negara bisa bubar kapan saja , oleh karena itu butuh landasan dan ideologi yg kokoh sehingga bisa mencapai Indonesia emas . 


Bonus demografi dan tantangan menuju Indonesia emas . Bos menyebutkan bahwa Indonesia sedang menerima bonus demografi dengan besarnya jumlah penduduk yg pada masa usia produktif. Yaitu 15 hingga 64 tahun meningkat . Bonus demografi akan memuncak sekitar pada tahun 2030 . 


Yg harus di lakukan .. 

Mencegah keembali makna nilai2 dari Pancasila sebagai pondasi dan semangat awal untuk menerangi radikalisme dan menuju Indonesia emas 2045 . 

Selain itu , pendalaman karakter manusia Indonesia yg berdasarkan pada nilia2 Pancasila akan menjadi tameng yg cukup kuat untuk menangkal pelumpuhan radikalisme. 

NU adalah benteng dan juga berkontribusi besar untuk menuju Indonesia emas 2045. 

Karena ditangan kita lah harapan Indonesia emas bisa terwujud. 

Karena ancaman nya sangat banyak dan keras dan sering terjadi . 

Pancasila dan pembangunan

Pada hakikatnya tujuan akhir adalah yg mencerminkan nilia2 Pancasila . Manusia tidak hanya mengejar kepentingan pribadi tetapi juga memperhatikan kepentingan masyarakat, manusia tidak hanya mengutanakan tercapai nya kebutuhan material tetapi jga kebahagiaan spiritual.


Menuju Masyarakat yg melek teknologi, akan menjadi suatu keharusan , masnusia memiliki fungsi monodulistik tidak hanya 


Kedudukan Pancasila dalam pembangunan nasional

Pancasila harus menjadi kerangka kognitif dalam indentifikasi diri sebagai bangsa 

Pancasila sebagai dasar pembangkit nasional

Pembangunan Dalam perspektif Pancasila

Pembangunan yg arah nilia2 kemanusiaan sebagai care values yaitu mengedepankan toleransi. Karena Pancasila sebagai konfigurasi budaya bangsa merupakan nilai2 budaya inti yg harus di jabarkan dan dikembangkan dalam perkembangan masyarakat. Kemajuan teknologi dan perubahan lingkungan. 


Kelima nilai2 inti secara terpadu menjadikan rujukan dalam perkembangan pranata sosial dan pola tingkah  laku segenap warga negara , baik secara Perseorangan maupun kolektif. 

Peran NU dalam membangun moralitas bangsa menuju Indonesia emas. 

Nasionalisme kemanusiaan yg di kembangkan oleh NU iakah paham kebangsaan yg memberikan pengakuan kepada seluruh elemen bangsa yg terdiri tas suku,  agaman , ras , dan antar golongan yg berbeda untuk berpartisipasi aktif dalam melaksanakan hak dan kewajiban berdasarkan Pancasila. 

Nasionalisme kemanusiaan diwujudkan melalui kegiatan dakwah dan pendidikan untuk mengahasilkan SDM yg unggul dalam meneguhkan dan menyebarkaj pemahaman Aswaja sebagai pilar penguatan adaptasi, integrasi, pencapaian tujuan dan pemeliharaan tatanan sebagai bangsa yg berdaulat. 


Dalam mengimplementasikan nasionalisme kemanusiaan NU menerapkan prinsip dasar Yaitu tawazun (keseimbangan), tasamuh (toleransi), tawassuth(moderat) , i'tidal( tegak adil ) , dalam berbagai sektor kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Banggalah menjadi bagian dari NU dan santrinya para ulama2 besar . Sehingga NU adalah sebuah organisasi yg harus tetap ada di NKRI. 

Banggalah menjadi mahasiswa NU. 


Kunjungi laman : 

Website: unusa 

https://www.instagram.com/unusa_official/

https://www.facebook.com/unusaofficialfb


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Post News PRA 4 BToPH

POST NEWS PRA 5 BToPH 2023

POST NEWS PRA BToPH 1